Selaraskan Jalan CSR dengan MDGs 2015: Sinergi Pemerintah dan Swasta (II)

Sektor swasta menjadi elemen yang paling memungkinkan untuk melapis peran pemerintah dalam upaya mensukseskan MDGs 2015 tersebut. Dan langkah yang paling nyata dalam memenuhi tujuan MDGs adalah menjadikan MDGs sebagai bagian dari aksi Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan swasta.

Tidak dipungkiri, saat ini CSR telah menjadi elemen yang tak terpisahkan dari bisnis jangka panjang perusahaan, khususnya perusahaan swasta. Memasuki millennium baru, CSR telah menjadi tools penting perusahaan dalam menciptakan image positif melalui kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya. Terutama adalah perusahaan-perusahaan yang bisnisnya beririsan dengan sumber daya alam, seperti misalnya sektor pertambangan. Bahkan perusahaan-perusahaan yang sebenarnya tidak memiliki dampak langsung dengan lingkungan pun saat ini turut menjalankan program CSR.

Hadirnya regulasi pemerintah melalui Undang-Undang No 40 tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas, ditambah Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2012 yang membahas Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan telah membuka mata pengusaha swasta mengenai pentingnya CSR untuk dilakukan. Namun akhir-akhir ini, publik kerap kali berpandangan bahwa CSR yang dilakukan oleh perusahaan seringkali tidak tepat sasaran. Perusahaan terlihat hanya sebatas melakukan donasi atau sumbangan, namun mengklaim bahwa yang dilakukan adalah CSR. Padahal CSR yang ideal adalah melakukan tanggung jawab sosial secara aktif dan berkelanjutan serta mampu menciptakan kemandirian bagi komunitas yang menerima bantuan CSR tersebut kedepannya.

Melihat hal tersebut, sudah saatnya perusahaan-perusahaan di Indonesia, terutama yang bergerak di sektor swasta untuk menciptakan sebuah program CSR yang mendukung pembangunan berkelanjutan. Salah satunya adalah melakukan CSR yang difokuskan kearah pencapaian MDGs, mengingat masih belum tercapainya MDGs Indonesia. Pencapaian MDGs menjadi hal yang sangat krusial. Untuk itu pemerintah tidak dapat bekerja sendiri, sinergi dengan pihak swasta sangat diperlukan.

Dimas Mulyawan

*) Penulis merupakan pemerhati CSR dan masalah sosial, bekerja sebagai Corporate Communications PT Artajasa Pembayaran Elektronis. Tulisan ini merupakan pendapat pribadi penulis.

http://wartaekonomi.co.id/berita5569/selaraskan-jalan-csr-dengan-mdgs-2015-sinergi-pemerintah-dan-swasta-ii.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s