Financial Inclusion, Demi Menggaet Masyarakat Unbanked

Perkembangan sistem pembayaran di Indonesia terus mengalami kemajuan yang signifikan. Berbagai akses pembayaran telah hadir demi menciptakan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi bagi masyarakat. Tidak hanya nasabah perbankan, masyarakat non bank pun sudah dapat memanfaatkan layanan pembayaran melalui berbagai akses pembayaran. Kemudahan masyarakat baik perbankan maupun non perbankan dalam mengakses dan memanfaatkan layanan jasa keuangan yang didukung oleh berbagai infrastruktur pendukung inilah yang sering disebut “Financial Inclusion”.

Saat ini, sekitar 49% penduduk Indonesia atau sekitar 115 juta masyarakat belum memiliki akses ke lembaga keuangan. Minimnya lembaga keuangan di suatu wilayah dan masih kurangnya kepercayaan masyarakat dalam menggunakan jasa lembaga keuangan bisa dikatakan menjadi alasan yang paling kuat. Padahal dengan mengakses ke lembaga keuangan, dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat tersebut dan pertumbuhan ekonomi pun bisa berjalan lebih baik. Bank Indonesia (BI) sebagai regulator keuangan di Indonesia menyampaikan lima produk utama keuangan yang diperlukan masyarakat dalam menghadapi financial inclusion, yaitu tabungan, kredit, sistem pembayaran, asuransi kredit, dan produk / jasa keuangan. Untuk mendukung program “Financial Inclusion” tersebut, peranan edukasi, pemetaan informasi keuangan, intermediasi, saluran distribusi dan regulasi perlu dikedepankan sebagai elemen pendukung program tersebut.

Sektor perbankan saat ini tetap menjadi motor penggerak utama kegiatan “Financial Inclusion”. Alasannya agar kemudahan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan dapat tercipta. Akan tetapi selain itu, peranan teknologi informasi (TI) juga sangat dibutuhkan untuk memberikan solusi efisien bagi perbankan dan industri finansial. Ini terbukti dari pemanfaatan TI pada berbagai aspek kegiatan perbankan saat ini.

Guna mencapai tujuan yang diharapkan tersebut, institusi sistem pembayaran seperti PT Artajasa Pembayaran Elektronis pun dapat terlibat dari sisi TI untuk saluran distribusi, edukasi dan pemetaan informasi keuangan, guna mendorong perkembangan “Financial Inclusion” yang ideal di Indonesia. Dukungan saluran distribusi diantaranya adalah perangkat terminal transaksi (ATM, EDC, Kiosk, Internet, Mobile), perangkat instrumen transaksi (Card, Mobile, Fingerprint), kliring elektronis (transaksi di titik pembayaran dan penerbit kartu) dan penyediaan fitur transaksional (perbankan dan non perbankan). Sementara untuk pemetaan informasi keuangan adalah berupa dukungan pemetaan informasi keuangan secara periodik dan near real-time ke regulator dan industri perbankan yang terkait potensi intermediasi keuangan bagi pengguna sistem pembayaran. Dan juga yang tak kalah penting adalah edukasi untuk pemanfaatan fitur transaksional bagi pengembangan usaha, sosialisasi berbagai kemungkinan akses ke lembaga keuangan serta kemudahan, keamanan dan kenyamanan bertransaksi, Sedangkan untuk intermediasi menjadi peran yang bisa dijalankan oleh industri perbankan dan BI dapat mengelola dari sisi regulasi.

Masyarakat non-perbankan atau unbanked people memiliki jumlah yang cukup besar. Tentunya hal ini menjadi peluang yang potensial bagi para pelaku bisnis. Akses masyarakat non-perbankan ke sistem pembayaran turut memberikan manfaat yang besar bagi pelaku bisnis, seperti untuk layanan transfer antar bank, pembayaran ataupun transaksi e-money. Pelaku bisnis dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat non-perbankan untuk pemanfaatan layanan transaksi keuangan yang dapat diaplikasikan sebagai media transaksi keuangan bagi industri telekomunikasi, perbankan, multifinance, asuransi, pendidikan, energi (listrik dan gas), atau transportasi. Bila manfaat transaksi keuangan tersebut sudah dirasakan oleh masyarakat non-perbankan, maka masyarakat non-perbankan pun dapat sejajar dengan masyarakat perbankan dan Indonesia pun bisa menjadi yang terdepan di kawasan ASEAN untuk sistem pembayaran.

http://wartaekonomi.co.id/berita5640/financial-inclusion-demi-menggaet-masyarakat-unbanked.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s