CSR, Solusi Pencapaian MDGs Indonesia (III)

Pencapaian MDGs menjadi hal yang sangat krusial. Untuk itu pemerintah tidak dapat bekerja sendiri, sinergi dengan pihak swasta sangat diperlukan. Salah satunya adalah melakukan CSR yang difokuskan kearah pencapaian MDGs,

Lalu bagaimana langkah kongkritnya? Untuk melaksanakan suatu CSR yang terfokus pada pencapaian MDGs dapat dilakukan oleh berbagai perusahaan, termasuk perusahaan swasta yang notabene tidak memiliki keterkaitan dengan sumber daya alam. Dan program pemberdayaan masyarakat (community development) bisa menjadi salah satu langkah awalnya. Ambil contoh perusahaan swasta yang bergerak di industri teknologi informasi. Walaupun secara bisnis sangat tidak berhubungan dengan MDGs, namun perusahaan bisa melakukan program CSR yang disinergikan dengan rencana jangka panjang perusahaan. Contohnya adalah melakukan pelatihan teknologi bagi masyarakat sekitar perusahaan tersebut berdiri atau menjadikan produk teknologi milik perusahaan tersebut dapat mendukung perkembangan masyarakat. Melalui suatu pelatihan teknologi atau penerapan teknologi di wilayah masyarakat, tentunya sudah merupakan bagian dari salah satu butir MDGs, yaitu mencapai pendidikan dasar untuk semua. Dengan adanya interaksi antara perusahaan dengan komunitas masyarakat secara intensif, maka perusahaan pun dapat menggali kebutuhan lain dari masyarakat. Inilah yang bisa dimanfaatkan perusahaan untuk melakukan kegiatan CSR lain yang berbasis MDGs, seperti kesehatan, lingkungan atau kemiskinan.

Masih banyak sektor lain yang dapat dieksplorasi sesuai dengan latar belakang bisnis perusahaan dan selanjutnya dikaitkan dengan upaya pencapaian MDGs. Untuk itu, perlu kiranya juga pemerintah menyiapkan sebuah regulasi tentang CSR, yang menjelaskan pemberlakuan reward kepada perusahaan yang telah melakukan CSR secara berkelanjutan atau sesuai dengan tujuan MDGs. Tujuannya agar perusahaan semakin terpacu untuk melakukan CSR yang terbaik bagi lingkungannya dan bangsanya sebagai bagian dari eksistensi jangka panjang perusahaan.

MDGs bukanlah semata-mata sekedar butir-butir yang menjadi target pemerintah Indonesia. Namun sudah seharusnya menjadi kepedulian kita selaku warga negara Indonesia untuk mendukung dan melaksanakan suatu perubahan yang signifikan bagi kehidupan masyarakat Indonesia. (SELESAI)

Dimas Mulyawan

*) Penulis merupakan pemerhati CSR dan masalah sosial, bekerja sebagai Corporate Communications PT Artajasa Pembayaran Elektronis. Tulisan ini merupakan pendapat pribadi penulis.

http://wartaekonomi.co.id/berita5570/csr-solusi-pencapaian-mdgs-indonesia-iii.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s